9 Langkah Membuat Bolu Karamel /Bolu Sarang Semut yang Enak dan Cepat

Sajian Dapur Bunda Koleksi Resep Masakan Enak dan Mudah.

Resep Bolu Karamel /Bolu Sarang Semut. Pada resep kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara masak Bolu Karamel /Bolu Sarang Semut dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Cara membuat kue bolu karamel sarang semut ini cukup sederhana kok, untuk pembaca Cake Susu Moo yang tidak hobi masak tidak perlu khawatir kue nya nanti gak jadi atau bantat. Pemilihan bahan yang berkualitas menjadi penting disini serta tips yang harus benar-benar diperhatikan supaya hasil resep kue sarang semut ini berhasil dengan sukses. Resep Bolu Karamel Kukus (Sarang Semut) Anti Gagal.

cara memasak Bolu Karamel /Bolu Sarang Semut - Sajian Dapur Bunda UbekĀ² cookpad dan ketemu resep nya mbak Anis Kurniah. Cobain yak anti gagal banget šŸ˜? Padahal sarang semut/bolu karamel. mudah, takaran sendok, tanpa mixer yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sarang semut/bolu karamel. mudah, takaran sendok, tanpa mixer, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai. Tenang saja untuk tutorial cara bikin Bolu Karamel /Bolu Sarang Semut yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 14 bahan dan 9 langkah saja.

Melihat resep olahan sehat mestinya jadi hal yang sangat utama, tidak hanya untuk para ibu, tapi juga untuk anak muda. Hal tersebut disebabkan, resep penganan sehat mampu jadi salah satu buah pikiran penganan, apabila teman-teman sedang jenuh dengan menu makanan yang seperti itu saja.

Resep Memasak Bolu Karamel /Bolu Sarang Semut yang Cepat Menggunakan 9 Cara

Bagi anda yang sehari-hari gak sempat masak, kali ini adalah waktu yang tepat untuk membuat banyak komosisi makanan di rumah.

Kesadaran publik untuk mengonsumsi makanan sehat kini makin banyak. Lantaran tidak cuma jadi basis energi, menggunakan makanan sehat juga sanggup menurunkan resiko terkena penyakit parah, mulai dari diabetes, darah tinngi, penyakit jantung, obesitas, bahkan kanker.

14 Bahan Bahan untuk Memasak Bolu Karamel /Bolu Sarang Semut

Untuk dapat membuat Bolu Karamel /Bolu Sarang Semut pada tutorial ini kita memerlukan 14 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan utk Karamel - .
  2. Siapkan gula pasir - 210 gram.
  3. Siapkan Air panas - 300 ml.
  4. Siapkan Bahan untuk bolu - .
  5. Siapkan telur ayam - 4 butir.
  6. Siapkan gula pasir(sy, 3sdm manis sedang) - 3-4 sdm.
  7. Siapkan susu kental manis coklat - 2 saset.
  8. Siapkan gramTerigu segitiga - 100.
  9. Siapkan Kanji/aci - 75 gram.
  10. Siapkan margarin di lelehkan, sy pke blueband - 55 gram.
  11. Siapkan minyak goreng kualitas bagus, jgn yg curah ya bun - 50 ml.
  12. Siapkan vanili merk kupu - 1/2 bungkus kecil.
  13. Siapkan Soda kue - 2 sdt.
  14. Siapkan baking powder double acting atau baking powder biasa jg bs - 1 sdt.

Bolu karamel ini adalah bolu yang memiliki tekstur unik karena berlubang - lubang, seperti sarang semut. Mungkin itu sebabnya bolu karamel ini disebut juga bolu sarang semut. Karena bahan utamanya adalah gula yang di karamelisasi, jadi cita rasa bolu ini menurutku sih sangat manis. Makanya aku ga berani makan banyak, takut aku jadi makin manisā€¦ Resep Cake Caramel (Bolu Karamel Sarang Semut) - Satu lagi olahan caramel setelah Resep Puding Kopi Lapis Susu Karamel yang sayang jika terlewatkan.

9 Langkah Membuat Bolu Karamel /Bolu Sarang Semut

Jika kita sudah menyiapkan 14 bahan diatas. Sekarang kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Bolu Karamel /Bolu Sarang Semut dibawah ini.

  1. Bikin Karamel dl dgn memanaskan gula pasir di teflon, api kecil cenderung sedang sambil di goyang teflonnya sampai gula larut.
  2. Setelah meleleh sempurna, dari pinggir wajan tuang sedikit demi sedikit air panas sambil diaduk aduk.
  3. Setelah larut sempurna matikan api, dingin kan Karamel, icip ya bun klo pait bnget berarti proses bikinnya td gosong gula nya ntar bolu jg pait, sy pernah coba soalnya,yg betul hslnya manis ada pait cm sedikit sekali terasa.
  4. Lelehkan blueband, takar minyak goreng sisihkan.
  5. Timbang terigu, kanji taruh di wadah, oles loyang dgn margarin dan sedikit tepung ratakan.
  6. Setelah Karamel dingin, panaskan oven, kocok telur, vanili gula pasir 3sdm pke wishker, Soda kue, baking powder sampai rata, tepung kanji dan terigu sambil diayak masukan sedikit demi sedikit.
  7. Masukkan susu kental manis, blueband leleh, minyak aduk rata, terakhir masukkan Karamel aduk sampai rata,.
  8. Masukkan adonan ke loyang jika masih ada bagian yang belum halus silahkan disaring terlebih dahulu, panggang dgn api kecil cenderung sedang sy pke oven kompor, taruh di rak bawah, kira2 45 -55mnt, matang(tergantung oven masing-masing ya Bun).
  9. Setelah matang, matikan api, angkat dinginkan potong2.

Bernama cake caramel a.k.a bolu sarang semut karamel ini merupakan cake yang dibuat menggunakan bahan utama karamel. Kue Bolu Karamel Sarang Semut - Kenapa ya dinamakan Bolu Sarang Semut, mungkin karena penampakan dari potongan dalam bolu yang satu ini menyerupai sarang semut. Tapi apapun nama nya yang pasti bolu ini menurut si Emak "legenda" banget. Soalnya kalau dibilang lama, ini udah lama banget. Mungkin bisa dimasukkan ke dalam katagori kue tradisional.

Memasak sendiri resep makanan sehat serta higenis pun bisa menghemat pengeluaran dan juga jelasnya lebih terlindung kebersihannya. Biar Anda mendapat buah pikiran untuk mempraktekannya di rumah, kamu mampu membuat resep Bolu Karamel /Bolu Sarang Semut diatas.

Bagaimana sangat mudah bukan resep membuat Bolu Karamel /Bolu Sarang Semut ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep