Langkah Masak Bolu karamel / sarang semut yang Cepat Dengan 9 Bahan

Sajian Dapur Bunda Koleksi Resep Masakan Enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara masak Bolu karamel / sarang semut. Pada resep kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara bikin Bolu karamel / sarang semut dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Resep Bolu Karamel Kukus (Sarang Semut) Anti Gagal. Penasaran banget sama yang namanya sarang semut. Suka banget makan kue ini, tp gatau cara bikinnya.

resep masak Bolu karamel / sarang semut - Sajian Dapur Bunda Pemilihan bahan yang berkualitas menjadi penting disini serta tips yang harus benar-benar diperhatikan supaya hasil resep kue sarang semut ini berhasil dengan sukses. Bolu karamel disebut juga bolu sarang semut atau honeycomb cake karena bentuknya berlubang-lubang menyerupai sarang semut atau sarang lebah. Masyarakat Sumatra menyebutnya juga dengan bika karamel. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Bolu karamel / sarang semut yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 9 bahan dan 9 langkah saja.

Mengenal resep olahan sehat rasanya jadi hal yang sangat penting, gak cuma untuk para ibu, tapi juga untuk semua orang. Hal tersebut dikarenakan, resep penganan sehat berguna sebagai salah satu buah pikiran olahan, apabila bunda sedang jenuh dengan menu makanan yang itu-itu saja.

Langkah Membuat Bolu karamel / sarang semut yang Lezat Dengan 9 Bahan

Bagi teman-teman yang sehari-hari tak pernah masak, kali ini menjadi waktu yang tepat untuk belajar banyak komosisi makanan di rumah.

Kesadaran masyarakat untuk konsumi olahan sehat kini makin besar. Hal ini karena tidak hanya menjadi asal usul tenaga, makan makanan sehat juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit berat, mulai dari diabetes, darah tinngi, penyakit jantung, kegemukan, hingga kanker.

9 Bahan Bahan untuk Memasak Bolu karamel / sarang semut

Untuk dapat bikin Bolu karamel / sarang semut pada postingan ini kamu membutuhkan 9 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan tepung terigu (segitiga) - 300 gr.
  2. Siapkan tepung tapioka / kanji / sagu - 3 sdm.
  3. Siapkan gula pasir - 400 gram.
  4. Siapkan air panas - 500 ml.
  5. Siapkan margarine (forvita) - 3 sdm.
  6. Siapkan susu (aku pake cap enak) kalo suka manis bisa tmbh - 4 saset.
  7. Siapkan baking soda - 2 sdt.
  8. Siapkan vanili bubuk - 1 sdt.
  9. Siapkan telur ayam - 5 butir.

Kue bolu ini dikenal di Asia Tenggara meliputi Indonesia, Brunei, Malaysia dan Vietnam. Resep Kue Bolu Karamel Panggang Sarang Semut Lembut adalah kue bolu yang sangat empuk ketika dimakan, kue bolu ini dari baunya sampai rasanya sangat enak dan sedap sekali. Untuk membuat kue bolu karamel ini agar tidak gagal selalu gunakanlah bahan-bahan yang kualitasnya terbaik, karena kalau ada salah satu yang kurang berkualitas nanti akan berpengaruh terhadap rasa dan aromanya. Kue sarang semut adalah salah satu kue khas Indonesia.

9 Tahapan Menyajikan Bolu karamel / sarang semut

Setelah Anda sudah menyiapkan 9 bahan diatas. Selanjutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Bolu karamel / sarang semut dibawah ini.

  1. Buat karamel panaskan jgula putih di wGnd ajan anti lengket atau teflon sam pai kecoklatanf,v.
  2. Tuangkan 500 ml air panas tadi.
  3. Lelehkan margarin.
  4. Buat adonan campurkan telur susu kental manis baking soda vanili aduk rata aku pake mixer karna biar yakin rata.
  5. Masukan terigu tepung kanji k adonan aduk pakai mixer hinga seperti gambar lalu tutup dengan lap bersih tunggu hingga 1 jam INI PROSES PALING PENTING YAH MAM.
  6. Tambahkan cairan gula atau karamel dan margarin aduk rata pake mixer.
  7. Olesi loyang dengan margarin gak usah pake terigu mam.
  8. Panggang selama 1 jam dengan suhu 160•^ yah mam.
  9. Selamat mencoba jagan lupa share, like dan follow yah mam.

Disebut sarang semut karena kue ini berongga-rongga seperti sarang semut. Warna coklat pada kue sarang semut berasal dari campuran karamel. Kue ini memiliki tekstur yang lembut, empuk, dan kenyal. Perhatikan baik-baik warna karamel ketika dimasak. Jangan sampai karamel gosong atau berwarna jadi coklat pekat karena akan terasa pahit.

Menyajikan masakan sendiri resep makanan sehat dan juga bergizi pun dapat menghemat biaya dan juga pastinya lebih terlindung kebersihannya. Agar kalian memperoleh inspirasi untuk mempraktekannya di rumah, kita bisa mempraktekan resep Bolu karamel / sarang semut diatas.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Bolu karamel / sarang semut ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep