Langkah Masak Cake Sarang semut aka karamel yang Enak dan Cepat Dengan 10 Bahan

Sajian Dapur Bunda Koleksi Resep Masakan Enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Cake Sarang semut aka karamel. Pada postingan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara buat Cake Sarang semut aka karamel dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

cara masak Cake Sarang semut aka karamel - Sajian Dapur Bunda Tenang saja untuk tutorial membikin Cake Sarang semut aka karamel yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 10 bahan dan 10 langkah saja.

Mengetahui resep masakan sehat tentunya jadi hal yang sangat penting, tak cuma untuk para ibu, namun juga untuk setiap orang. Hal tersebut disebabkan, resep olahan sehat bisa sebagai salah satu gagasan penganan, apabila kalian sedang jemu dengan menu makanan yang seperti itu saja.

Resep Buat Cake Sarang semut aka karamel yang Cepat Dengan 10 Bahan

Buat teman-teman yang sehari-hari gak pernah masak, kali ini ialah waktu yang cermat untuk belajar banyak kreasi makanan di rumah.

Kesadaran publik untuk menggunakan makanan sehat kini kian banyak. Karena tidak hanya menjadi basis energi, menggunakan makanan sehat juga berguna memberhentikan efek tersentuh penyakit serius, mulai dari diabetes, hipertensi, penyakit jantung, obesitas, bahkan kanker.

10 Bahan Bahan untuk Membuat Cake Sarang semut aka karamel

Untuk bisa membikin Cake Sarang semut aka karamel pada postingan ini kalian memerlukan 10 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan karamel - .
  2. Siapkan gula pasir - 300 gr.
  3. Siapkan air - 350 ml.
  4. Siapkan Bahan lainnya - .
  5. Siapkan terigu segitiga - 120 gr.
  6. Siapkan tepung kanji/tapioka - 20 gr.
  7. Siapkan telur - 5 butir.
  8. Siapkan mentega - 150 gr.
  9. Siapkan SKM - 160 ml.
  10. Siapkan baking soda - 1/2 sdm.

10 Tahapan Membuat Cake Sarang semut aka karamel

Apabila kita sudah menyiapkan 10 bahan diatas. Berikutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Cake Sarang semut aka karamel dibawah ini.

  1. Cara membuat gula karamel : Masukan gula dalam panci kemudian panaskan, aku pakai panci teflon biar nggak gampang gosong, jika sudah mencair aduk2 ya biar nggak gampang gosong, sesekali aja aduknya, terus masukan air pelan2 banget ya hati2 aduk2 sampai tercampur rata dan mendidih, matikan kompor, saring gula karamel, aku jadi 400ml gula karamel nya, sisihkan tunggu suhu ruang (itu fotonya aku rendam air biar cpt dingin aja ya, maklum emak2 takut kelamaan trus anaknya kebangun deh😅).
  2. Panaskan oven, ingat ya oven nya harus panas banget, dulu pertama kali nyoba bikin cake karamel ini aku oven nya belum teralu panas udah aku masukin cake nya lama banget matangnya.
  3. Cairkan mentega kemudian sisihkan, campurkan terigu dan tepung tapioka aduk2 sampai rata sisihkan.
  4. Kocok telur hingga berbusa dan sedikit mengembang.
  5. Masukan tepung sambil diayak ya, harus diayak nih biar nggak gerindil, bergantian dengan gula karamel, aduk2 sampai rata.
  6. Masukan mentega aduk2 sampai rata, kemudian masukan SKM aduk2 lagi sampai merata dan sperti ada busa2nya gitu.
  7. Terakhir masukan baking soda aduk2 sebentar.
  8. Masukan adonannya kedalam loyang aku saring lagi ya biar bener2 nggak ada yg gerindil (aku pake loyang ukuran 20 bulat)oh iya loyang jgn lupa alasi baking paper ya.
  9. Masukan dlm oven, panggang selama 60 menit suhu 180c, 40 menit api bawah setelh itu api atas bawah, untuk suhu dan waktu sesuaikan oven masing2 ya, kalau aku pake oven merk kirin.
  10. Selamat mencoba😊.

Menyajikan masakan sendiri resep makanan sehat serta kaya gizi pula sanggup mengirit biaya serta jelasnya lebih terjaga kebersihannya. Supaya kita menyandang buah pikiran untuk mempraktekannya di rumah, teman-teman mampu mempraktekan resep Cake Sarang semut aka karamel diatas.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Cake Sarang semut aka karamel ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep