Cara Buat Bolu Karamel / Sarang Semut Putih Telur yang Mudah Menggunakan 5 Langkah

Sajian Dapur Bunda Koleksi Resep Masakan Enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara memasak Bolu Karamel / Sarang Semut Putih Telur. Pada resep kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara bikin Bolu Karamel / Sarang Semut Putih Telur dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kali ini berbagi resep mudah membuat bolu karamel tanpa mixer dan hanya pake sendok aja aduknya. Sajian kue bolu caramel sarang semut adalah hidangan yang enak dan lezat. Sajian kue ini akan Lalu masukkan kocokkan telur kedalam tepung terigu, tepung mazeina dan soda kue yang telah Kemudian aduk-aduk secara merata dan bergantian.

cara buat Bolu Karamel / Sarang Semut Putih Telur - Sajian Dapur Bunda Salah satu variasi kue bolu adalah bolu karamel sarang semut. Karamel sendiri merupakan jenis gula yang berupa cairan dengan tekstur lengket serta memiliki warna kecokelatan. Air panas sebanyak empat ratus lima puluh mililiter. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Bolu Karamel / Sarang Semut Putih Telur yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 10 bahan dan 5 langkah saja.

Memahami resep olahan sehat rasanya menjadi hal yang sangat penting, tidak hanya untuk para ibu, tapi juga untuk semua orang. Perihal tersebut disebabkan, resep penganan sehat berguna sebagai salah satu inspirasi makanan, apabila kamu sedang bosan dengan menu makanan yang seperti itu saja.

10 Bahan Mengolah Bolu Karamel / Sarang Semut Putih Telur yang Enak dan Cepat

Bagi bunda yang sehari-hari tak sempat masak, kali ini yaitu kesemptatan yang bagus untuk menciptakan banyak resep makanan di rumah.

Kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sehat saat ini kian meningkat. Soalnya selain jadi sumber tenaga, konsumsi makanan sehat pun mampu memberhentikan risiko tersentuh penyakit berbahaya, mulai dari diabetes, hipertensi, penyakit jantung, obesitas, hingga kanker.

10 Bahan Bahan untuk Menyajikan Bolu Karamel / Sarang Semut Putih Telur

Untuk dapat membikin Bolu Karamel / Sarang Semut Putih Telur pada postingan ini Anda membutuhkan 10 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan gula pasir - 250 gr.
  2. Siapkan Air - 250 ml.
  3. Siapkan Putih Telur (ditimbang) suhu ruang - 200 gr.
  4. Siapkan Sct SKM - 1.
  5. Siapkan Terigu - 100 gr.
  6. Siapkan Tapioka - 100 gr.
  7. Siapkan Soda Kue - 1 sdt.
  8. Siapkan Baking Powder - 1/2 sdt.
  9. Siapkan Margarin, lelehkan - 100 gr.
  10. Siapkan Garam - Sejumput.

bolu karamel sarang semut kenyal dan full. Gambar Caramel Cake Kue Sarang Semut. Cara membuat kue bolu sarang semut karamel Masukkan dalam baskom/ wadah besar. Dengan ini bolu karamel pun terkenal dengan nama bolu sarang semut.

5 Langkah Memasak Bolu Karamel / Sarang Semut Putih Telur

Apabila Anda sudah menyiapkan 10 bahan diatas. Sekarang kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Bolu Karamel / Sarang Semut Putih Telur dibawah ini.

  1. Kita buat karamelnya dulu yah...Siapkan panci atau wajan, masukkan gula ke dalamnya, masak gula dengan api kecil, gula boleh diaduk atau dibiarkan juga gpp. Setelah gula mulai kecoklatan dan mencair, aduk terus hingga gula larut. Kemudian tambahkan air, tuang sedikit demi sedikit aja yah dan pelan pelan aja sambil terus diaduk sampai mendidih, matikan api kemudian biarkan dingin..
  2. Kocok putih telur dan skm menggunakan whisk/garpu hingga adonan ringan dan tercampur rata. Masukkan terigu, tapioka, baking power, soda kue dan garam sambil diayak ke dalam adonan telur kemudian aduk hingga licin..
  3. Tuang larutan karamel secara bertahap ke adonan. Aduk, kemudian tuang margarin cair dan aduk kembali hingga adonan tercampur rata..
  4. Panaskan oven, oles loyang dengan karlo atau kalo gak ada pake margarin kemudian ditaburi tepung tipis. Tuang adonan sambil disaring. Panggang kurleb 40 menit (tergantung oven masing² yah), tes tusuk, kalo adonan gak nempel di tusuknya berarti udah mateng yah...
  5. Ini hasilnya, gak kalah sama yg pake full telur đź’•.

Karena terbuat dari adonan karamel lengkap dengan bahan adonan lainnya seperti tepung terigu, margarine, telur dll maka warna dari cake ini adalah cokelat pekak kehitaman yang cantik. Kue karamel dengan rongga menyerupai sarang semut ini ternyata mudah dibuat di rumah. Setelah rata, tuangkan larutan karamel gula dan air ke dalam laruta tepung dan telur tadi. Cara membuat bolu karamel sarang semut : Masakgula pasir dengan wajan diatas api kecil. Tuang air panas. tunggu sampai mendidih dan gula pasir larut. angkat dan dinginkan. campur margarin ,susu kental manis sampai putih dengan menggunakan mixer, masukan telur satu.

Memasak sendiri resep makanan sehat serta kaya gizi pun mampu mengatur dengan cermat biaya dan mestinya lebih terpelihara kebersihannya. Agar kamu menyandang gagasan untuk mempraktekannya di rumah, Anda mampu mencoba resep Bolu Karamel / Sarang Semut Putih Telur diatas.

Bagaimana sangat mudah bukan resep bikin Bolu Karamel / Sarang Semut Putih Telur ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep