Cara Mengolah Bolu karamel sarang semut yang Enak dan Lezat Dengan 9 Cara

Sajian Dapur Bunda Koleksi Resep Masakan Enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Bolu karamel sarang semut. Pada resep kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara masak Bolu karamel sarang semut dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kue karamel sarang semut ialah Kue Jadul favorit semua orang termasuk saya πŸ˜€ Tekturnya yang sedikit kenyal dan Lembut bikin Gagal diet hihihi Cobain Yuk di. Kue karamel sarang semut ialah Kue Jadul favorit semua orang termasuk saya πŸ˜€ Tekturnya yang sedikit kenyal dan Lembut bikin Gagal diet hihihi Cobain Yuk di. Sajian kue bolu caramel sarang semut adalah hidangan yang enak dan lezat.

cara membuat Bolu karamel sarang semut - Sajian Dapur Bunda Bernama cake caramel a.k.a bolu sarang semut karamel ini merupakan cake yang dibuat menggunakan bahan utama karamel. Tekstur dari kue ini adalah empuk dengan ciri khas setiap bagian cake berlubang kecil layaknya sarang semut. Salah satu variasi kue bolu adalah bolu karamel sarang semut. Tenang saja untuk tutorial cara buat Bolu karamel sarang semut yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 12 bahan dan 9 langkah saja.

Melihat resep makanan sehat tentunya menjadi hal yang sungguh utama, gak hanya untuk para orang dewasa, tetapi juga untuk anak muda. Masalah tersebut disebabkan, resep masakan sehat sanggup selaku salah satu gagasan makanan, apabila anda sedang jenuh dengan menu makanan yang itu-itu saja.

12 Bahan Mengolah Bolu karamel sarang semut yang Enak dan Cepat

Buat teman-teman yang sehari-hari tak sempat masak, kali ini yaitu waktu yang cermat untuk menciptakan banyak karya makanan di rumah.

Kesadaran masyarakat buat mengonsumsi sajian sehat kini semakin bertambah. Soalnya tidak cuma selaku asal muasal energi, menggunakan makanan sehat pun mampu memberhentikan akibat terkena penyakit berat, seperti diabetes, darah tinngi, penyakit jantung, obesitas, hingga kanker.

12 Bahan Bahan untuk Memasak Bolu karamel sarang semut

Untuk dapat memasak Bolu karamel sarang semut pada postingan ini Anda memerlukan 12 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan karamel: - .
  2. Siapkan air - 500 ml.
  3. Siapkan gula pasir - 450 gr.
  4. Siapkan Bahan adonan: - .
  5. Siapkan skm - 200 ml.
  6. Siapkan telur - 5 butir.
  7. Siapkan vanili bubuk - 1/3 sdt.
  8. Siapkan soda kue - 1 sdt.
  9. Siapkan baking powder - 1 sdt.
  10. Siapkan tepung terigu - 150 gram.
  11. Siapkan tepung tapioka - 100 gr.
  12. Siapkan margarin, dicairkan - 8 sdm.

Dinamai demikian karena kue bolu ini memakai tambahan bahan gula karamel serta memiliki bentuk seperti sarang semut dengan lubang-lubang kecil pada permukaannya. Kue ini namanya Cake caramel, atau bolu karamel atau kue sarang semut, karena lantaran teksturnya unik berongga-rongga mirip sarang semut sehingga menarik soal rasa manis dan mantap. Membuatnya sangat mudah bisa diaduk menggunakan whisker biasa atau Tanpa mixer dan bisa juga. Uniknya, bolu karamel disebut sebagai sarang semut, karena banyak rongga-rongga pada permukaannya yang menyerupai sarang semut.

9 Langkah Mengolah Bolu karamel sarang semut

Jika Anda sudah menyiapkan 12 bahan diatas. Selanjutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Bolu karamel sarang semut dibawah ini.

  1. Buat dulu karamelnya. Tuang gula pasir dalam wajan atau panci atau teflon anti lengket sambil api kompor nya dinyalain keciil aja. Biarin aja sambi ditutup, tunggu sampe gula pasirnya mencair..
  2. Setelah gula pasir nya mencair semua, aduk rata. Sambil nunggu gula pasir mencair semua, didihkan air 200 ml kemudian setelah mendidih tuang ke gula pasir yg udah meleleh sambil diaduk rata. biarkan sampai mendidih sebentar. Kemudian biarkan sampe agak hangat..
  3. Dalam baskom atau wadah, masukkan 2 butir telur, 150 ml skm, vanili bubuk. Aduk hingga telur tercampur merata. Kemudian masukkan tepung terigu, tapioka, soda kue, baking powder sambil diayak. Aduk rata, kemudian masukkan margarin cair kemudian aduk hingga rata kembali dengan whisk..
  4. Kemudian masukkan air karamel perlahan sambil diaduk hingga air karamel habis. Siapkan loyang, oles margarin tipis dan taburi sedikit terigu (me: pake loyang bulat diameter 18 cm). Lalu tuang adonan ke loyang sambil disaring, kemudian diamkan sebentar selama 5 menit sebelum dipanggang..
  5. Sebaiknya oven uda dipanasin pake api sedang kurg lebih 15 menit ya sebelum digunakan memanggang. (Me : oven tangkring) Panasin nya pas kita mulai membuat karamel dr gula pasir..
  6. Setelah di diamkan 5 menit, masukkan adonan ke dalam oven (me: taruh loyang di rak tengah oven). Kemudian panggang dgn api sedang agak kecil, sambil tutup oven dibuka sedikit selama 15 menit. Setelah 15 menit, tutup rapat oven, panggang kembali selama 40 menit dgn api sedang biasa. Setelah 40 menit, 10 menit terakhir pindah loyang ke rak paling bawah, panggang kembali. Sesuaikan oven masing2 ya, oven ku td kiraΒ² waktu memanggang nya segitu)..
  7. Setelah 10 menit terakhir td, tes tusuk ke kue jika ada adonan menempel tanda belum matang, tambah waktu 5 menit. Jika tidak ada adonan menempel di tusukan, kue brrti suda matang. Angkat, balikkan adonan ke piring lalu biarkan dingin dan set agar kue tidak berminyak..
  8. Kemudian potong-potong deh sesuai selera. Kalo mau bikin yg agak tinggi kue nya, adonan bisa di kali yaa. Bagi yg suka manis gula juga bisa ditambah jd 200 gr atau 220 gr sesuai selera. Tapi bagiku yg bukan tipe penggemar makanan manis, takaran gula segini uda pas banget+skm nya. Selamat mencobaπŸ˜?πŸ˜?πŸ˜?πŸ˜‹πŸ˜‹.
  9. Tambahan.. ini bikinan yg versi pake cetakan bulat bulat kecil yaa isi 7 lubang. Resep sama kok, cuma tambah susu kental manis 50 ml+telur 1 butir lagi hihi.

Biasanya terbuat dari campuran tepung, telur, gula yang dilelehkan, dan susu. Pastikan anda mengetahui detail produck yang akan anda pesan. dengan memberikan keterangan pesenan, apabila masih ragu silakan diskusi terlebih dahulu. Bolu Karamel Sarang Semut ini mungkin memang tidak terlalu menarik jika dilihat dari warnanya. Warnanya yang coklat tua (cenderung ke hitam) pasti membuat banyak orang beranggapan bahwa kue karamel ini adalah kue yang gosong. Disebut sarang semut karena kue ini berongga-rongga seperti sarang semut.

Membuat masakan sendiri resep makanan sehat dan juga kaya gizi juga sanggup mengatur dengan cermat ongkos dan jelasnya lebih terlindung kebersihannya. Biar Anda ada ide untuk mempraktekannya di rumah, teman-teman bisa membuat resep Bolu karamel sarang semut diatas.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Bolu karamel sarang semut ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep