6 Langkah Mengolah Bolu Karamel / Sarang Semut yang Cepat

Sajian Dapur Bunda Koleksi Resep Masakan Enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Bolu Karamel / Sarang Semut. Pada postingan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara bikin Bolu Karamel / Sarang Semut dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kue karamel sarang semut ialah Kue Jadul favorit semua orang termasuk saya πŸ˜€ Tekturnya yang sedikit kenyal dan Lembut bikin Gagal diet hihihi Cobain Yuk di. Bolu Karamel Sarang Semut Tanpa Mixer Sajian kue bolu caramel sarang semut adalah hidangan yang enak dan lezat.

resep memasak Bolu Karamel / Sarang Semut - Sajian Dapur Bunda Bernama cake caramel a.k.a bolu sarang semut karamel ini merupakan cake yang dibuat menggunakan bahan utama karamel. Tekstur dari kue ini adalah empuk dengan ciri khas setiap bagian cake berlubang kecil layaknya sarang semut. Pastikan anda mengetahui detail produck yang akan anda pesan. dengan memberikan keterangan pesenan, apabila masih ragu silakan diskusi terlebih dahulu. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Bolu Karamel / Sarang Semut yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 9 bahan dan 6 langkah saja.

Melihat resep makanan sehat tentunya jadi hal yang amat penting, gak hanya untuk para ibu, tetapi juga untuk anak muda. Hal tersebut dikarenakan, resep makanan sehat berguna sebagai salah satu konsep penganan, apabila kalian sedang jemu dengan pilihan makanan yang seperti itu saja.

Cara Membuat Bolu Karamel / Sarang Semut yang Lezat Dengan 6 Cara

Buat teman-teman yang sehari-hari tidak sempat masak, kali ini yaitu momen yang cermat untuk belajar banyak karya makanan di rumah.

Kesadaran orang-orang buat mengkonsumsi olahan sehat saat ini kian bertambah. Karena selain selaku sumber tenaga, menyantap makanan sehat pun berguna menurunkan dampak tersentuh penyakit berat, mulai dari diabetes, darah tinngi, penyakit jantung, obesitas, bahkan kanker.

9 Bahan Bahan untuk Menyajikan Bolu Karamel / Sarang Semut

Untuk dapat memasak Bolu Karamel / Sarang Semut pada tutorial ini kita perlu menyiapkan 9 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan gula pasir - 250 gram.
  2. Siapkan air panas - 250 ml.
  3. Siapkan margarin lelehkan - 75 gram.
  4. Siapkan tepung terigu - 75 gram.
  5. Siapkan tepung tapioka - 75 gram.
  6. Siapkan telur - 3 butir.
  7. Siapkan baking soda - 1/4 sdt.
  8. Siapkan baking powder - 1/4 sdt.
  9. Siapkan SKM coklat - 2 sachet.

Salah satu variasi kue bolu adalah bolu karamel sarang semut. Dinamai demikian karena kue bolu ini memakai tambahan bahan gula karamel serta memiliki bentuk seperti sarang semut dengan lubang-lubang kecil pada permukaannya. Kue ini namanya Cake caramel, atau bolu karamel atau kue sarang semut, karena lantaran teksturnya unik berongga-rongga mirip sarang semut sehingga menarik soal rasa manis dan mantap. Membuatnya sangat mudah bisa diaduk menggunakan whisker biasa atau Tanpa mixer dan bisa juga.

6 Panduan Membuat Bolu Karamel / Sarang Semut

Jika kita sudah menyiapkan 9 bahan diatas. Berikutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Bolu Karamel / Sarang Semut dibawah ini.

  1. Buat karamel terlebih dahulu....lelehkan gula pada wajan dengan api kecil....ga usah di aduk ya cuekin aja sampe meleleh semua....sesekali goyang2 wajannya....pake api kecil aja yaaa biar gulanya meleleh tapi ga gosong....trs kl udah meleleh semua....tuangin air panas pelan2...biar ngga meletup....trs di aduk deh pelan2 sampe gulanya larut semua....sisihkan sampe dingin.
  2. Kocok telur dan skm kemudian tambahkan ayakan tepung terigu...tapioka...baking soda dan baking powder....lalu tuangkan cairan karamel sedikit demi sedikit....
  3. Terakhir tuangkan margarin leleh ke dalam adonan....aduk sampai rata...aduknya santai aja....πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„.
  4. Saring adonan sebelum di tuang ke loyang yaaa...soalnya ini tuh ada gerindilannya gitu...aku pake loyang loaf 16x16.
  5. Panasin oven...sesuaikan sama oven masing2 aja yaaa...aku pake otang...panasin 10 menit api besar...trs aku kecilin sebelum adonan masuk....trs panggang selama kurleb 45menit-1jam....sampai matang....tes tusuk aja buat cek udah mateng apa blm... biar lebih manteb dan yakin....πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„.
  6. Keluarkan dr oven...biarkan dingin baru potong2....selamat mencobaaaaaπŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—.

Uniknya, bolu karamel disebut sebagai sarang semut, karena banyak rongga-rongga pada permukaannya yang menyerupai sarang semut. Biasanya terbuat dari campuran tepung, telur, gula yang dilelehkan, dan susu. Begini cara membuat dan resep bolu karamel untuk camilan di rumah. Resep kue bolu sarang semut atau bolu karamel. Sedangkan disebut kue karamel karena salah satu bahannya ada yang menggunakan gula pasir dicairkan.

Membuat masakan sendiri resep makanan sehat dan juga kaya gizi pula bisa mengatur dengan cermat biaya dan pastinya lebih terlindung kebersihannya. Supaya Anda memiliki inspirasi untuk membuatnya di rumah, teman-teman mampu membuat resep Bolu Karamel / Sarang Semut diatas.

Bagaimana sangat mudah bukan resep memasak Bolu Karamel / Sarang Semut ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep