9 Bahan Membuat Bolu karamel (bolu sarang semut) yang Lezat

Sajian Dapur Bunda Koleksi Resep Masakan Enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara bikin Bolu karamel (bolu sarang semut). Pada tulisan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara bikin Bolu karamel (bolu sarang semut) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

#DiRumahAja #SamaSaya Yang gak punya oven bisa cobain bolu karamel dg cara pakai panci. hasilnya sama kayak di oven. dan resep ini recomended sekali. Lihat juga resep Bolu karamel enak lainnya. Sajian kue bolu caramel sarang semut adalah hidangan yang enak dan lezat.

cara menyajikan Bolu karamel (bolu sarang semut) - Sajian Dapur Bunda Merdeka.com - Kue sarang semut, bolu karamel, bika karamel atau cake karamel adalah salah satu jajanan kue basah Indonesia yang kini masih banyak dijumpai. Seperti namanya, bolu karamel merupakan kue yang terbuat dari gula, air, telur, tepung terigu, margarin, susu. Bernama cake caramel a.k.a bolu sarang semut karamel ini merupakan cake yang dibuat menggunakan bahan utama karamel. Tenang saja untuk tutorial cara bikin Bolu karamel (bolu sarang semut) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 9 bahan dan 8 langkah saja.

Mendapati resep masakan sehat pastinya menjadi hal yang sangat penting, tidak cuma untuk para orang dewasa, tetapi juga untuk semua orang. Kondisi tersebut lantaran, resep olahan sehat mampu jadi salah satu gagasan masakan, apabila anda sedang bosan dengan menu makanan yang biasa-biasa saja.

Resep Bikin Bolu karamel (bolu sarang semut) yang Mudah Menggunakan 8 Langkah

Bagi anda yang sehari-hari belum ada waktu luang masak, kali ini ialah kesemptatan yang tepat untuk menciptakan banyak kreasi makanan di rumah.

Kesadaran publik untuk menggunakan hidangan sehat kini makin besar. Pasalnya tidak hanya menjadi basis tenaga, konsumsi makanan sehat pun mampu memberhentikan efek terkena penyakit berat, seperti diabetes, darah tinngi, penyakit jantung, kegemukan, bahkan kanker.

9 Bahan Bahan untuk Memasak Bolu karamel (bolu sarang semut)

Untuk bisa bikin Bolu karamel (bolu sarang semut) pada tutorial ini kita memerlukan 9 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan caramel - .
  2. Siapkan gula pasir - 400 gr.
  3. Siapkan air panas - 400 ml.
  4. Siapkan Bahan bolu - .
  5. Siapkan SKM putih - 3 sachet.
  6. Siapkan mentega - 100 gr.
  7. Siapkan telur - 6 butir.
  8. Siapkan soda kue - 1 sdm.
  9. Siapkan tepung terigu - 220 gr.

Tekstur dari kue ini adalah empuk dengan ciri khas setiap bagian cake berlubang kecil layaknya sarang semut. Dengan ini bolu karamel pun terkenal dengan. Resepnya simpel sederhana, cepat dan tidak perlu di mixer. Resep cara membuat bolu karamel, mudah dan simpel.

8 Step Mengolah Bolu karamel (bolu sarang semut)

Apabila Anda sudah menyiapkan 9 bahan diatas. Sekarang Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Bolu karamel (bolu sarang semut) dibawah ini.

  1. Membuat caramel... panaskan gula di atas api kecil.. aduk terus sampai meleleh.. jangan brenti aduk katena gula rentan gosong.. klo gosong karamelnya jadi pait... proses ini memakan waktu sekitar 30mnt.
  2. Setelah cair masukkan pelan2 banget air panas.. nanti akan menggumpal... jangab panik tetap aduk sampai mencair.. ingat api tetap kecil supaya ga gosong.
  3. Diamkan caramel sampai dingin.. kalau aku biasanya kalau mau bkin bolu pagi, karamelnya kubuat malam.. paling cpt 3-4 jam lah baru dibuat bolu. Nunggu caramel nya bener2 dingin.
  4. Mari kita buat bolu... kosok skm dengan mentega.. jangan pake mixer ya.. kocok hingga tercampur rata dan lbh putih dr sblmnya.
  5. Masukkan baking soda/soda kue.. kocok lagi.. kemudian masukkan telur dan kocok lagi sampai tercampur rata dan agak putih dari sblmnya... setelah itu masukkan perlahan tepung dan karamel secara bergantian.
  6. Setelah smua tercampur, masukkan ke dalam loyang dan panggang.. jangan lupa loyangnya kasi mentega dan tepung dulu.. kalau saya pakainya baking pan 6 telur... sebagai catatan : baking pan 4 telur kalau buat bikin bolu telurnya cukup 4 karena nanti mengembang.. tp kalau buat bolu karamel telurnya 6 walaupun baking oan nya ukuran 4 telur.. kenapa? Krn bolu karamel tidak mengembang.
  7. Panggang sekitar 45 menit di api sedang sambil di cek aja ud mateng luar dalam belum.. kalau suda, angkat deh.
  8. Selamat mencoba.

Namun sebaiknya kamu tidak buat terlalu banyak ya. Karena merupakan kue basah, daya tahannya sebentar hanya selama dua hari saja. Salah satu variasi kue bolu adalah bolu karamel sarang semut. Pastikan anda mengetahui detail produck yang akan anda pesan. dengan memberikan keterangan pesenan, apabila masih ragu silakan diskusi terlebih dahulu. Bolu Karamel juga sering di sebut sebagai kue bolu sarang semut.

Memasak sendiri resep makanan sehat dan higenis juga mampu mengatur dengan cermat ongkos dan juga mestinya lebih terjaga kebersihannya. Agar kalian memiliki inspirasi untuk mencobanya di rumah, kita bisa mempraktekan resep Bolu karamel (bolu sarang semut) diatas.

Bagaimana sangat mudah bukan resep buat Bolu karamel (bolu sarang semut) ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep